-->

Trik Agar Bisa Jago Dalam Mengerjakan Operasi Pecahan

Aduhh kalau sudah ngomongin bilangan pecahan pasti bikin kepala pening ya mak…bilangan bulat aja kadang-kadang masih salah apalagi bilangan pecahan. Kalau emak-emak disini pasti sudah pada paham ya, cuman kalau lagi ngajarin anak kita yang nggak sabar ya mak. Ini anak kok nggak paham-paham,…bisa jadi metode yang kita kasih ke anak kurang praktis atau terlalu panjang sehingga susah untuk diingat atau dimengerti oleh anak.


Nah, untuk materi operasi bilangan pecahan kali ini ada metode yang lebih praktis dan singkat sehingga anak akan lebih mudah untuk mengerti. Seperti apa metodenya, yuk kita simak pembahasan berikut.

Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan

Untuk bisa mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan pecahan agar cepat atau lebih mudah dimengerti kita bisa menggunakan yang namanya metode kupu-kupu atau biasa disebut dengan butterfly method dalam menyelesaikannya. Kenapa bisa dinamakan dengan metode kupu-kupu, yuk simak caranya

Ketika kita menyelesaikannya dengan cara biasa

 

Ketika kita menggunakan metode kupu-kupu dalam menyelesaikannya

            





           

Sudah paham kan ya kenapa disebut dengan metode kupu-kupu…yup, karena garis bantu yang kita gunakan menyerupai kupu-kupu. Gimana?, dengan memberikan garis bantu maka anak-anak akan lebih mudah untuk mengingatnya daripada memakai cara yang biasa walaupun pada dasarnya konsepnya sama.

Untuk pengurangan cara penyelesaiannya juga sama ya dengan menggunakan metode kupu-kupu. Yang membedakan adalah tanda operasi nya pada pembilangnya.

       

Jadi bisa kita cocokkan hasinya pengurangn pecahan dengan cara yang biasa

Operasi Perkalian

Untuk mengalikan bilangan pecahan kita bisa menggunakan garis bantu ya, katakanlah namaya metode batu bertumpuk ya..(ini penulis yang mengasih nama metodenya sendiri ya, he he he…). Kalau menurut penulis garis bantu yang digunakan dalam operasi perkalian pecahan seperti dua batu yang ditumpuk.



Ketika kita menyelesaikannya dengan cara biasa

Ketika kita menggunakan garis bantu dalam menyelesaikannya



Untuk operasi perkalian antara cara yang biasa dengan metode batu bertumpuk sama konsepnya, cuman metode ini lebih menarik dan mudah untuk diingat.

Operasi Pembagian

Untuk membagi bilangan pecahan dengan bilangan pecahan kita bisa menggunakan garis bantu sebagai berikut


Ketika kita menyelesaikannya dengan cara biasa

Ketika kita menggunakan garis bantu dalam menyelesaikannya

 

Garis bantu yang digunakan dalam menyelesaikan operasi pembagian ini membuat lebih simple dalam proses pengerjaannya ya. Penulis bingung mau ngasih nama metodenya apa… Silakan kalau ada ide yang mau ngasih nama metodenya bisa ditulis di kolom komentar ya..

Demikianlah, semoga trik ini bisa membantu emak-emak atau bapak-bapak semua atau bahkan adik-adik semua dalam memahami materi operasi bilangan pecahan. Mohon maaf ya kalau ada kata-kata yang salah karena ilmu saya masih sangat sangat (sangat berpangkat banyak) sedikit sekali..

  

0 Response to "Trik Agar Bisa Jago Dalam Mengerjakan Operasi Pecahan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel