-->

Cara Mengontrol Kadar Kolesterol Yang Tinggi

Dewasa ini penyakit yang ditimbulkan karena gaya hidup yang tidak sehat seperti kolesterol sudah tidak asing lagi bagi kita. Kita sering mendengar tetangga kita atau bahkan saudara kita ada yang mengalaminya. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kolesterol, mari kita simak pembahasan berikut.

Apa Itu Kolesterol?

Kolesterol adalah lemak tubuh/lipid yang bergabung dengan protein sehingga menjadi lipoprotein. Hampir 80% kolesterol dihasilkan oleh tubuh dan sisanya 80% dihasilkan oleh makanan. Dalam kondisi normal, kolesterol beperan penting untuk membuat hormon, vitamin dan asam empedu serta transmisi impuls saraf. Namun, jika kolesterol  melebihi batas normal akan memicu berbagai penyakit seperti penyumbatan pembuluh darah yang penyebabkan peredaran darah tidak lancar yang apabila dibiarkan akan menyebabkan pembuluh darah ke jantung atau ke otak bisa tersumbat. Hal inilah yang menyebabkan asal muasal penyakit jantung coroner dan stroke.

Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi disebut juga dengan hiperkolesterolemia. Kolesterol dalam tubuh manusia terbagi menjadi dua yaitu kolesterol yang baik/HDL  dan kolesterol yang jahat/LDL. Kadar kolesterol yang normal adalah maksimal 200 mg/dl dengan kadar LDL di bawah 130 mg/dl dan kadar HDL di atas 50 mg/dl. Kadar kolesterol yang tinggi bukanlah suatu penyakit melainkan suatu gejala. Ketika angka kolesterol jahat terlalu tinggi dan tidak seimbang dengan kadar kolesterol baik inilah yang memicu terjadinya berbagai penyakit.. Gejala ini bisa menimpa siapa saja, tidak lagi melihat usia, jenis kelamin bahkan berat badan seseorang.

Kolesterol yang tinggi bisa muncul karena beberapa factor, diantaranya karena factor genetic/keturunan, usia, makanan, stress, kurang olahraga dan kebiasaan merokok. Dengan banyaknya kualitas makanan yang kurang memperhatikan kadar gizi, tuntutan pekerjaan dan ekonomi yang begitu tinggi dan kurangnya aktifitas fisik menjadi penyebab utama meningkatnya angka kolesterol tinggi. Artinya pada saat ini memungkinkan siapa saja bisa terkena gejala ini.

Mengontrol Kadar Kolesterol

Mengingat betapa berbahayanya kadar kolesterol yang tinggi, setiap orang wajib untuk bisa mengontrol kadar kolesterol sedari dini. Hal ini dilakukan untuk dapat meminimalisir dampak negative dari  akibat kadar kolesterol yang tinggi. Cara yang bisa dilakukan untuk dapat mengontrol kadar kolesterol adalah sebagai berikut ;

1. Mengontrol berat badan

Berat badan yang berlebihan mengindikasikan bahwa seseorang mempunyai lemak yang berlebih di dalam tubuhnya. Pdahal lemak tersebut dapat memicu terjadinya peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. Oleh karenanya, berat badan harus selalu dikontrol agar tetap seimbang.

2. Mengatur asupan makanan

Asupan makanan perlu diperhatikan untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal. Hindarilah makanan yang mengandung kadar kolesterol yang tinggi seperti makanan yang berminyak, bersantan dan berlemak.

3. Olahraga secara teratur

Dengan berolahraga secara rutin dan teratur dapat meningkatkan kadar kolesterol baik hingga 3-6% dan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 10%.

4. Hindari stress

Stres dapat menimbulkan efek signifikan terhadap system kerja organ tubuh. Pada saat stress tubuh melepaskan hormone kortisol yang memicu terjadinya pembebasan lemak ke dalam darah dan menyebabkan kadar kolesterol dalam darah meningkat.

Demikianlah tips atau cara menjaga agar kadar kolesterol dalam tubuh tetap normal. Semoga dengan tips ini bisa menambah wawasan kita mengenai kolesterol dan senantiasa bisa menjaga kadar kolesterol dalam tubuh kita dan orang-orang disekeliling kita tetap normal. Yuk, hidup sehat dengan menjaga kadar kolesterol dalam tubuh kita. 


0 Response to "Cara Mengontrol Kadar Kolesterol Yang Tinggi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel